Pengidap asma di larang untuk tertawa?

Tertawa yang sehat selama ini dianggap sebagai obat yang manjur untuk penyakit apapun. Namun, saat ini pernyataan itu tak berlaku lagi. Penelitian terbaru menemukan bahwa tertawa bisa menyebabkan serangan asma. Penelitian ini membuat tawa menjadi permasalahan serius bagi 40 persen dari dua juta penduduk Australia yang mengidap asma.

Seperti diwartakan situs The Times of India, Senin (24/8), survei di internet dilakukan terhadap 200 orang penderita asma. Survei ini dilakukan oleh sebuah universitas dan didukung oleh perusahaan farmasi AstraZeneca. Hasil yang ditemukan adalah tertawa dapat mencetus kambuhnya penyakit pernapasan kronis hingga asma.

Kekhawatiran lain yang muncul dan lebih serius mengenai penelitian ini adalah tiga dari empat penderita asma yang diteliti meyakini bahwa penyakitnya sudah cukup bisa dikendalikan. Mereka menganggap pemicu kambuhnya penyakit asma adalah gaya hidup. Untuk itu, mereka berusaha membatasi gaya hidup demi mencegah timbulnya penyakit ini.

Hasil jajak pendapat itu menggambarkan penelitian Universitas New South Wales (NSW) pada 2004 yang diterbitkan di Journal of Asthma dan penelitian Universitas New York pada 2005 yang bertajuk Laughter May Trigger Asthma Attacks.

Hampir dua dari tiga penderita asma yang diamati kehabisan napas ketika melakukan pekerjaan rumah atau berbelanja. Sedangkan setengah dari jumlah itu terserang asma saat melakukan aktivitas favorit mereka. Lebih dari satu dari tiga penderita merasa kelelahan lantaran tidurnya terganggu penyakit ini. Kemudian satu dari lima lagi membatalkan kegiatan sosial mereka, masih disebabkan oleh asma.

Dokter dari Rumah Sakit Concord Repatriation General Hospital (CRGH), Profesor Christine Jenkins mengatakan asma yang dikendalikan dengan baik takkan menghalangi kesenangan dari kegiatan yang dilakukan. "Yang mengkhawatirkan, penemuan ini menunjukkan bahwa disaat banyak yang percaya mereka sudah bisa mengendalikan penyakit asmanya, justru penyakit itu yang sebenarnya mengendalikan mereka beserta gaya hidupnya," ujar Jenkins seperti dikutip Daily Telegraph.(AND)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Pengidap asma di larang untuk tertawa?"

Posting Komentar